Minggu, 20 Februari 2011

ARTIKEL TENTANG AC

Jangan Abaikan Kisi-kisi AC




Saat membersihkan interior, terutama dasbor, terkadang pemilik kendaraan suka lolos menyentuh kisi-kisi air conditioner (AC). Padahal, di situ berkumpul "kuman-kuman" yang butuh perhatian ekstra untuk melenyapkannya.
Alat yang dibutuhkan kuas mini (untuk menggambar), sikat gigi, lap micro fiber, cotton bud, dan cairan multi-purpose cleaner (MPC) yang disebut degreaser mengandung asam. Tugas kuas dan sikat, untuk menggelontorkan "si kuman" yang menempel pada kisi-kisi, tergantung jenis dan ketebalan kotoran. "Kalau hanya debu, gunakan kuas mini tanpa cairan pembersih," bilang Hery Firmansyah dari salon mobil
Sebagai catatan, penggunaan cairan deagreser ada aturannya, yaitu harus dicampur air dengan perbandingan 1:8 untuk kotoran ringan dan 1:4 untuk kotoran yang sudah parah. Terus, cairan tak boleh disemprotkan langsung ke kisi-kisi karena kotorannya justru bisa masuk ke lubang AC. Sebaiknya, gunakan cotton bud yang disemprot cairan atau sudah dicelupkan ke MPC.
Membersihkan kisi-kisi AC cuma butuh waktu 20 menit, dengan kondisi ringan. Kalau debunya tebal, bisa sampai sekitar 30 menit. Kalau dibawa ke salon, seperti Gleam yang membuka harga Rp 500.000, proses itu sekalian membersihkan dasbor berikut jok dan plafon.


Jangan Abaikan Kisi-kisi AC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar